Senin, 17 Juni 2013

Nasional.Is.Me, Merdeka Dalam Bercanda dan Berani Mengubah





Pandji Pragiwaksono merupakan seorang comic, host, dan penulis yang saya kenal pertama kali di acara “Kena Deh” Tv7 (kalo gak salah J yang sekarang menjadi Trans7). Jujur saja, lewat acara tersebut saya tidak menyangka seorang Pandji mempunyai ide kreatif dalam melakukan perubahan dan motivasi untuk Indonesia yang lebih baik yang dituangkan dalam ketiga buku tersebut termasuk muncul sebagai penyanyi, comic dan tentu penulis buku. ^_^
                             

 Saya melihat dalam ketiga buku tersebut, Pandji menyampaikan pengalaman-pengalaman hidupnya, rasa nasionalismenya terhadap Indonesia dan rasa cintanya terhadap negeri ini untuk perubahan yang lebih baik.
Perbedaan ketiga buku ini, menurut saya terletak dalam ruang lingkup pembahasan tiap buku, khususnya Merdeka Dalam Bercanda. #MDB lebih cenderung menonjolkan pemahaman dunia stand up comedy, namun tetap mengandung muatan yang sama dengan Nasional.Is.Me dan Berani Mengubah yakni nasionalisme dan ajakan untuk perubahan yang lebih baik. Namun di antara ketiga buku ini, yang saling berkaitan atau mempunyai korelasi yang cukup kuat adalah buku Nasional.Is.Me dan Berani Mengubah. Hal tersebut terlihat dalam konten kedua buku tersebut rasa cinta seorang Pandji untuk Indonesia dengan memberikan ilmu, ide dan pengalamannya untuk mengajak semuanya menciptakan perubahan positif untuk negeri ini bukan hanya menuntut saja tanpa ada gerakan perubahan sama sekali.
Nasional.Is.Me merupakan ajakan pertama dari seorang pandji, di mana dalam buku tersebut diberikan persepsi tentang nasionalisme, tentang keindahan alam Indonesia beserta kearifan kota-kotanya, beberapa sejarah perjuangan atau proses bergabungnya sebuah daerah, prestasi anak bangsa di mata dunia, dll. Pada saat beberapa orang pesimis dengan kondisi negeri, seperti dalam pembahasan di awal buku tersebut, ada yang datang menghampiri pandji dan ingin meminjam uang untuk bekal ke Amerika Serikat karena ingin hidup layak, walaupun disana mereka (rela) bekerja sebagai penjaja koran, dll. Ironis sekali apabila kita melihat situasi negeri ini dengan membandingkan negara luar tanpa menganalisa terlebih dahulu kebaikan maupun keburukan negara pembanding tersebut.
Berani mengubah melengkapi Nasional.Is.Me yang sebelumnya memaparkan ajakannya kepada semua warga Indonesia untuk tetap optimis dalam melakukan perubahan yang lebih baik untuk negeri ini. Berani Mengubah menambahkan sudut pandang pembahasan aspek Politik, Hukum, Ekonomi, Bersatu bukan jadi satu dan Menciptakan Perubahan. Yang paling menonjol dari buku Berani Mengubah, setiap babnya ada kolom khusus “Aksi Perubahan”.
Saya pun memasukkan Pandji Pragiwaksono termasuk dalam penulis favoritku. Thanks buat buat buku, ide, dan motivasinya untuk tetap optimis dalam mencintai negeri ini, Indonesia Raya. ^_^

Bandung, 17 Juni 2013



Sumber review ke tiga buku @pandji ;
1.     Nasional.Is.ME
2.    Merdeka Dalam Bercanda
3.    Berani Mengubah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar